Daerah  

Mahasiswa KKN Desa Cipinang Siap Gelar Seminar Parenting

PURWAKARTA, PRAKATA.ID – Rabu, 21 Februari 2024 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari STIE Syariah Indonesia Purwakarta yang sedang melaksanakan program pengabdian di Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, tengah mempersiapkan kegiatan terakhir mereka sebelum kembali ke kampus. Kegiatan tersebut adalah seminar parenting yang akan diadakan pada hari Minggu, 25 Februari 2024, di aula kantor desa setempat.

Seminar parenting ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan oleh mahasiswa KKN sejak awal. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada para orangtua di Desa Cipinang tentang pentingnya pola asuh yang baik dan efektif bagi perkembangan anak. Seminar ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan kerjasama antara orangtua, sekolah, dan masyarakat dalam mendukung proses belajar anak.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Untuk mengisi seminar ini, mahasiswa KKN mengundang narasumber yang ahli dibidangnya, Umi Ayo Nurbaeti, M.E selaku dosen Kepala Program Study Perbankan Syariah STIE Syariah Indonesia Purwakarta.

Selain mengundang narasumber, mahasiswa KKN juga akan membagikan materi dan modul seminar kepada para peserta. Materi dan modul ini berisi tentang berbagai topik yang berkaitan dengan parenting, seperti:

  1. Mengenal karakteristik dan tahapan perkembangan anak
  2. Menerapkan gaya pengasuhan yang sesuai dengan kebutuhan anak
  3. Membangun komunikasi yang positif dan harmonis dengan anak
  4. Mendorong kreativitas dan bakat anak
  5. Menumbuhkan nilai-nilai moral dan religius pada anak

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para peserta, mahasiswa KKN juga akan memberikan sertifikat dan doorprize menarik.

Untuk mempersiapkan seminar ini, mahasiswa KKN telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari koordinasi dengan pihak desa, sekolah, dan narasumber, hingga sosialisasi dan undangan kepada masyarakat. Selain itu, mahasiswa KKN juga memanfaatkan pasar malam desa yang digelar setiap malam Kamis sebagai sarana promosi dan persiapan segala kebutuhan parenting.

Dokumentasi KKN Desa Cipinang | Peralatan Rumah Tangga

Pasar malam desa adalah sebuah kegiatan tradisional yang dilaksanakan di malam hari di lapangan desa. Di sini, berbagai macam barang dan jasa ditawarkan oleh para pedagang, seperti makanan, minuman, pakaian, mainan, dan lain-lain. Pasar malam desa juga menjadi tempat hiburan dan rekreasi bagi warga desa, karena tersedia berbagai macam permainan dan wahana, seperti bianglala, komidi putar, dan kereta mini.

Mahasiswa KKN memanfaatkan pasar malam desa ini dengan membuka stand yang menjual berbagai macam produk yang mereka buat sendiri, seperti kerajinan tangan, kue, dan minuman. Selain itu, mereka juga mengadakan berbagai macam kegiatan yang menarik perhatian pengunjung, seperti lomba mewarnai, kuis, dan penampilan seni.

Dokumentasi KKN Desa Cipinang | Persiapan kegiatan KKN

Mahasiswa KKN berharap bahwa seminar parenting ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan manfaat yang besar bagi para orang tua dan anak di Desa Cipinang. Mereka juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu mereka dalam melaksanakan program KKN ini.