Daerah  

Mahasiswa KKN STIES IP Gelar Seminar Digital Marketing Islami dengan Studi Pemasaran Digital Area

Purwakarta, PRAKATA.ID – Sebuah seminar dan sosialiasi digital marketing islami dengan target jangkauan area digelar di balai RW 04 oleh Mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta di Desa Cipinang berjalan lancar. Seminar dan sosialiasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan inspirasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentang bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas produk mereka.

Seminar ini dihadiri sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai kalangan lintas generasi . Acara ini berlangsung secara luring pada hari Minggu, 28 Januari 2024 di Balai RW Desa Cipinang. Narasumber yang diundang adalah pemilik usaha sekaligus founder dari Jaringan Info Seminar Nasional, Mas Yodis, sekaligus praktisi digital marketing yang telah tersertifikasi SEO dan Gapura Google, dengan pembawa acara dari Mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta, Sandi Saepulloh.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Dalam seminar ini, Mas Yodis menceritakan pengalaman dalam mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan teknologi Search Engine untuk mengembangkan usaha informasi digital miliknya., ia mulai berani mencoba jasa pemasaran produknya secara online melalui media sosial dan google maps.

Selain berbagai pengalaman, Mas Yodis juga memberikan materi tentang konsep dan strategi digital marketing yang efektif dan efisien untuk UMKM. Ia menjelaskan tentang pentingnya memiliki website, media sosial, dan google maps sebagai sarana promosi dan branding produk. Ia juga memberikan tips dan trik tentang cara membuat konten yang menarik, relevan, dan sesuai dengan target pasar. Selain itu, ia juga membagikan pengalaman dan best practice dari beberapa klien UMKM yang ia bantu dalam mengelola digital marketing mereka.

“Digital marketing adalah salah satu kunci sukses bagi UMKM di era digital ini. Dengan digital marketing, UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan loyalitas konsumen, dan bersaing dengan kompetitor. Namun, digital marketing juga membutuhkan kreativitas, konsistensi, dan evaluasi yang terus-menerus. Oleh karena itu, saya berharap seminar ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi para pelaku UMKM untuk terus belajar dan berkembang,” tutur Mas Yodis.

Seminar ini mendapatkan respons yang sangat positif dari para peserta. Banyak peserta yang mengaku mendapatkan ilmu dan wawasan baru tentang digital marketing yang bermanfaat bagi usaha mereka. Beberapa peserta sudah mempraktekkan langsung teknik pemasaran digital marketing islam ini dan dilakukan pendampingan langsung. Seperti yang telah dilaksanakan pada usaha rumahan Keripik Cijanggot.

Peran Mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta di Desa Cipinang ini, diharapkan terus berkelanjutan dengan. mengadakan kegiatan seperti seminar, workshop, mentoring, dan bakti sosial yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dan mengimplementasikan keilmuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, tentunya segala kegiatan harus berlandaskan asas kebermanfaatan.