Daerah  

Pembukaaan KKN STIES Indonesia Purwakarta di Balai Desa Cipinang

Purwakarta , PRAKATA.ID– Senin malam (22/01/24) Pemerintah Desa Cipinang menerima Mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta di aula kantor Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Dede Nurjaman, penerimaan dilakukan dengan hangat dan kekeluargaan. Jika melihat dari bidang keilmuannya, mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta merupakan gabungan dari 2 keprodian yakni Ekonomi Syariah (ES) dan Perbankan Syariah (PS).

Penerimaan KKN ini merupakan bukti bahwa pemerintah Desa Cipinang berkomitmen untuk mendampingi dan membantu keberlangsungan kegiatan KKN di Desa Cipinang Purwakarta demi keberhasilan semua program yang akan dilaksanakan. Di sela kegiatan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok VI ms Mila Sari Oktapianti, M.Pd juga memberi sambutan berupa maksud dan tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN), yaitu sebuah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyumbang ilmu pengetahuan yang telah didapat selama mengikuti perkuliahan.

Selanjutnya, sambutan dari Sekdes Desa Cipinang kepada Mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta dengan memperkenalkan monografi, staff dan jajaran aparatur desa hingga sentra produk unggulan dari Desa Cipinang. Dalam sambutannya Dede menjelaskan, Monografi desa yang terdiri atas 2 dusun, 4 RW dan 11 RT, dengan rata-rata terbagi menjadi 3 kelompok berpenghasilan dan/atau berprofesi. Adapun 3 kelompok besar profesi tersebut antara lain pengrajin usaha home industry, buruh pabrik dan sebagian lagi masih bertahan sebagai buruh tani.

Penyampaian Monografi dan UMKM Desa Cipinang oleh Sekdes Dede Nurjaman (Tengah) Kepala Desa Cipinang Wawan Juanda Melalui Sekdesnya Dede Nurjaman berpesan kepada seluruh jajaran kepengurusan desa, mulai dari RT hingga RW agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan KKN dengan memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh mahasiswa KKN STIE Syariah Indonesia Purwakarta dalam melaksanakan observasi KKN.

Di akhir acara, ajakan dari pihak desa terhadap mahasiswa KKN untuk bisa ikut terlibat dalam kegiatan masyarakat yang sudah menjadi rutinitas mingguan, yakni Selasa bersih, yang akan dilaksanakan setiap hari Selasa mulai kumpul pukul 06.30 WIB.

Sosialisasi Kegiatan KKN Adanya acara ini, diharapkan dapat menjalin silaturahmi yang baik antara mahasiswa dengan perangkat desa, sehingga kedepannya dapat saling kolaborasi dalam mengatasi permasalahan di Desa Cipinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *