Daerah  

Penutupan KKN Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta Tahun 2024 di Desa Ciparungsari

PRAKATA, Purwakarta – Mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta kelompok 7 yang bertugas di Desa Ciparungsari Kecamatan Cibatu, Minggu 25 Februari 2024 menggelar acara Paturay Tineung, bertempat di SMPN 3 Cibatu yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Ciparungsari.

Acara ini digelar dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa, masyarakat dan aparatur pemerintahan Desa Ciparungsari. Selain itu, acara ini juga merupakan bentuk rasa terimakasih dari mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta kepada masyarakat atas penyambutan, penerimaan, kontribusi serta support masyarakat Desa Ciparungsari terhadap kegiatan PKM yang diadakan oleh Mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta kelompok 7.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!
Penampilan Kreasi Seni Desa Ciparungsari

Terdapat berbagai kegiatan yang diadakan di hari terakhir mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta Kelompok 7 dalam melakukan PKM. Diantaranya bazar UMKM, penampilan kreasi seni, pembagian wakaf Al-Quran dan hiburan dari UKM Manis (Mahasiswa Seni dan Sastra) dari STIESI Purwakarta yang menjadi bintang tamu di acara Paturay Tineung serta pembagian doorprize.

Pembagian Doorprize

Sulistianingsih selaku ketua pelaksana dalam acara tersebut mengutarakan alasannya atas terselenggaranya acara Paturay Tineung Mahasiswa KKN STIESI Purwakarta Tahun 2024 dengan Masyarakat Desa Ciparungsari.

“Saya selaku ketua pelaksana dalam kegiatan acara Paturay Tienung ini berharap agar tali silaturahmi ini tetap terjalin, walaupun kami mahasiswa KKN STIES Indonesia Purwakarta sudah tidak melaksanakan KPM disini. Selain itu, saya dan tim di hari terakhir disini, menyuguhkan berbagai rangkaian acara sebagai bentuk rasa terimakasih kami terhadap masyarakat Desa Ciparungsari. Diantaranya bazar UMKM, pentas seni, pembagian wakaf Al-Quran, hiburan dan pembagian doorprize” begitu ujarnya.

Penampilan Seni

Rangkaian acara yang digelar di Paturay Tineung ini dilihat dari potensi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Ciparungsari. Masyarakat Ciparungsari memilki berbagai UMKM, banyak pengajian baik dari kalangan ibu-ibu maupun anak-anak, serta banyak anak muda berbakat dalam bidang kesenian.

“Dalam kegiatan ini saya menggelar bazar untuk para UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi serta mampu bersaing dengan mempertahankan dan mengembangkan produk yang dijualnya. Selain itu juga kami memberikan wadah untuk anak muda yang mempunyai potensi, apalagi Desa Ciparungsari ini kaya akan kesenian, ini dapat mengasah mental dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Kemudian, saya dan tim KKN kelompok 7 bekerja sama dengan para donatur dengan mewakafkan Al-Quran ke tiap-tiap sekolah, pengajian anak-anak, masjid, mushola dan majlis taklim karena dilihat dari lingkungannya yang sangat religius” ujar Umar Majid selaku ketua KKN kelompok 7.

Pembagian Doorprize

Bapak Ahmad Ali Sopian, S.E, M.E, selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengucapkan terimaksih kepada seluruh masyarakat Desa Ciparungsari yang telah menerima dan mendampingi mahasiswanya selama KPM, terhitung dari tanggal 22 Januari sampai dengan 25 Februari. Banyak ilmu, cerita, wawasan dan pengalaman yang didapat oleh mahasiswanya. “Semoga kegiatan Ecoprint dan seminar UMKM yang telah diselenggarakan beberapa hari yang lalu, dapat menjadi peluang bisnis baru yang dapat bapak/ibu geluti serta menjadi peluang usaha untuk meningkatkan ekonomi warga Desa Ciparungsari” begitu sahutnya.

Selain itu, dalam sambutannya Bapak Aep Syarif Hidayat,S.M selaku kepala Desa Ciparungsari mengutarakan terimakasih dan rasa bangga terhadap Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta yang menjalankan KPM di Desa Ciparungsari.

“Adik-adik Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta saya bangga dan berterima kasih kepada kalian semua atas pengabdian yang kalian lakukan di desa kami. Apa yang kalian lakukan disini semuanya positif. Saya selalu memantau apa yang kalian lakukan di Desa Ciaparungsari ini.” Begitu Ujarnya.

“Saya juga melihat dari respon masyarakat yang sangat antusias terhadap kegiatan yang kalian lakukan, semoga apa yang kalian terapkan dan lakukan di desa kami dapat bermanfaat dan menjadi ladang pahala bagi kalian. Walaupun hari ini hari terakhir tapi silaturahmi harus tetap terjalin, jangan sungkan untuk main ke Desa Ciparungsari kami tunggu kedatangan kalian kembali, selamat jalan adik-adik semoga sukses selalu.” Imbuhnya.

Dalam kegiatan ini semua panitia dan para tamu undangan yang hadir merasa senang, terhibur dan penuh haru. Semoga tali silaturahmi ini tetap terjaga sampai nanti. Dan berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan sebelumnya dapat menambah wawasan dan ilmu baru.