5 Fakta Gempa Dahsyat Taiwan, Tsunami Jepang-Filipina & Korban-WNI

Jakarta – Gempa berkekuatan M 7,4 melanda Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat. Berikut 5 fakta menarik Gempa dahsyat Taiwan:

  1. Gempa ini terjadi pukul 08:00 waktu setempat dengan pusat gempa berada di 18 kilometer (km) Selatan Kota Hualien di kedalaman 34,8 kilometer (km).
  2. Gempa tidak hanya merusak bangunan di Taiwan tetapi juga memicu peringatan tsunami yang meluas ke Jepang dan Filipina
  3. Tsunami dilaporkan menerjang Jepang, Rabu pagi, saat gempa mengguncang Taiwan. Meski begitu, sebelumnya badan peringatan tsunami Jepang telah memberikan peringatan saat gempa Taiwan terjadi. Sementara itu, Filipina juga sebelumnya telah menyalakan tanda peringatan tsunami pasca gempa di Taiwan. ”Gempa Taiwan M7,4 berpotensi tsunami tetapi tidak akan berdampak signifikan hingga wilayah Indonesia,” ungkap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, di akun X-nya.
  4. Taiwan mengalami gempa besar pada tahun 1999, dengan pusat di wilayah Jiji yang kemudian menurun. Namun gempa bumi terbaru ini mengguncang lebih banyak wilayah di Taiwan dengan intensitas yang lebih besar.
  5. Kementerian Luar Negeri menyatakan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam gempa bumi yang mengguncang Taiwan dan Jepang, Rabu. ”Hasil koordinasi Kemlu dengan KBRI Tokyo dan KDEI Taipei, sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi di Taiwan maupun di Prefektur Okinawa, Jepang,” Ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal kepada tim liputan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!